BUMDes GO ONLINE! (BUMDes DAN INTERNET MARKETING)

Perkembangan teknologi internet yang begitu pesat saat ini telah membawa banyak perubahan dalam cara bersosialisasi dan berkomunikasi masyarakat. Hal ini juga dapat membawa banyak keuntungan dalam berbagai aspek khususnya dalam bidang usaha. Hampir semua orang saat ini terhubung dengan jaringan internet terutama melalui teknologi smartphone yang menawarkan berbagai fitur dan aplikasi untuk berbagai kebutuhan bagi penggunanya, baik itu untuk kebutuhan komunikasi, hiburan, maupun untuk mendukung mobilitas usahanya. Salah satu model bisnis internet yang populer saat ini adalah Internet Marketing atau Online Marketing, yang secara harfiah dapat diartikan sebagai "Pemasaran melalui internet" atau "Pemasaran secara Online". Jenis usaha ini mengacu pada upaya periklanan dan pemasaran yang menggunakan website dan email untuk mendorong penjualan langsung dan promosi produk pada konsumen/customer melalui perdagangan berbasis teknologi internet.

Disadari atau tidak, eksistensi online marketing berperan dalam perubahan paradigma kehidupan masyarakat modern. Kemudahan dan efisiensi waktu yang ditawarkan model bisnis online marketing telah mendorong sebagian besar masyarakat untuk mengalihkan cara berdagang dan berbelanja masyarakat, dari cara transaksi tradisional yang terkesan kaku dan lambat, beralih pada model jual beli berbasis internet yang lebih fleksibel dan efisien. Sekedar catatan; Pemicu terbesar terjadinya pergerakan massif online marketing ini diawali dari kehadiran teknologi smartphone berbasis OS android yang mengintegrasikan teknologi internet. Platform android yang diakuisisi oleh google pada tahun 2005 inilah yang  memberikan banyak opsi dan kemudahan bagi para pelaku bisnis startup dan developer dalam mengambangkan berbagai program dan aplikasi, yang salah satunya adalah mendukung efisiensi dalam model bisnis Internet Marketing/Online Marketing.

Seberapa penting Internet Marketing untuk BUMDes?
Kita semua tentu tahu baliho, plang, spanduk atau banner tradisional yang banyak terpasang di depan toko-toko, kios, dan berbagai bisnis lainnya yang dapat kita jumpai diberbagai tempat saat kita menempuh suatu perjalanan. Ada begitu banyak baliho yang rata-rata dibuat sebagus mungkin untuk merepresentasikan tempat bisnisnya masing-masing. Apa ada yang salah dengan itu? Tidak! sama sekali semuanya terlihat baik, dan masih sangat membantu sebagian orang untuk mengenali dan menandai suatu jenis usaha dan lokasinya. Namun jika kita perhatikan, saat ini sebagian besar masyarakat umum dan kalangan menengah keatas lebih banyak menghabiskan waktunya secara online, bahkan untuk menemukan lokasi dan suatu bisnis mereka akan memanfaatkan layanan mesin pencari Google dan  Google Maps melalui smartphone. Anda tinggal masukan "keywords-nya" dan dalam hitungan detik mesin pencari bekerja dan akan menemukan lokasi dan produknya untuk anda.
Berdasarkan hal tersebut, admin dalam suatu kesempatan pernah menyampaikan bahwa; "Smartphone dapat menjadi kios, toko dan mall penghasil uang bagi anda, atau sebaliknya dapat menjadi tempat paling nyaman untuk membelanjakan uang anda." Intesitas aktifitas online masyarakat saat ini begitu tinggi, sebagian besar orang saat ini lebih senang berkumpul di dunia virtual, di situs-situs jejaring sosial seperti: Facebook, Instagram, Whatsapp, Twitter, dan lain-lain. Bahkan layaknya situs media sosial, beberapa toko online telah mengintegrasikan plugin chat/chat server untuk menjalin kemudahan komunkasi sesama member dan customer-nya.

BUMdes sebagai salah satu lembaga usaha dapat memanfaatkan teknologi internet untuk mengembangkan dan mempopulerkan produk-produk dari unit usaha yang dikelolanya melalui web dan internet marketing. Dimana produk-produk dari unit usaha BUMdes tidak hanya mengandalkan model promosi dan perdagangan tradisional tetapi juga mengkombinasikannya dengan pemasaran secara online. Dengan demikian diharapkan dapat dengan cepat menjangkau segmen dan target pasar yang lebih luas dan potensial melalui pemanfaatan  digital online marketing, yang notabene memiliki kemudahan aksesbilitas baik itu bagi calon customer dan pembeli potensial juga bagi calon investor.

Keunggulan lainnya dari keberadaan BUMDES Online adalah, menempatkan BUMDes pada ranah digital marketing yang strategis dan ekonomis, dimana dalam pemasaran online setiap pemasar memiliki keleluasaan dalam mempromosikan suatu produk tanpa harus khawatir dengan berbagai  regulasi batas-batas wilayah, dan tentu saja bebas dari berbagai praktek "pungli" dan "uang keamanan" :D. BUMDes online juga memungkinkan masyarakat (pembeli, pelanggan dan investor) dapat berinteraksi langsung dengan operator BUMDes Online mengenai berbagai layanan dan produk yang ditawarkan oleh BUMDes online.

(Khaerudin Noer/dutabumdes.com)

Pages